31 Agu 2012

Membuat RIP (games, video, dll)


share on facebook




selamat pagi kaskuser..

selamat pagi mimin beserta jajaran momod..

biasa, penyakit...insomnia  makanya daripada buka web gajebo, iseng2 aja bikin sesuatu yang belom ane tau..

barusan ane nyobain gimana sih cara orang2 yang bikin game RIP itu, semisal ane banyak banget pake game dari Tread ini, tuh game kecil2 (untuk ukuran game PC), tapi waktu ekstraknya, mbeee...ane tinggal makan baru kelar..

setelah cari tau, ternyata game yang seperti itu namanya "RIP" 

tidak cukup itu saja ane cari tau lebih dalam dengan mengoprek isi file game "RIP" ntu,
ternyata logikanya sama seperti ekstrak biasa, namun mereka melakukan beberapa modifikasi yang lebih tepat disebut penurunan  yaitu dengan membuang beberapa bagian yang dirasa tidak diperlukan..

Oke..itu pembukaan ane , sekarang ane mo meresume apa yang barusan ane kerjain, barangkali bermanfaat..

Barusan ane nyoba buat RIP kecil-kecilan dari game jadul yang ada di HD ane, GTA Vice City.

tahap RIP-ing dibagi dalam beberapa tahap:
1. penyunatan file dalam game (bahasa momod ini, sorii mod )
2. kompresi dan pembuatan instaler
3. mempersiapkan registry game untuk komputer tujuan
4. pengemasan game

===============TOOLS===============
Perlengkapan yang ane butuhkan:
1. GTA Vice city => ane lupa donlot dari man
2. MOD GTA Vice City => free Dari Sini
3. UHARC => freeware Dari Sini
4. adf converter => freeware Dari Sini
5. Power Iso => trial + serial Dari Sini

*) perlengkapan tiap game berbeda, tergantung tipe file yang akan di modifikasi

===============TAHAP 1.Penyunatan====
step pengerjaan sebagai berikut:
1. ane install game GTA itu lengkap dengan jamu dan MOD-nya dan ane jalankan game tsb untuk membuktikan bahwa game tersebut berjalan dengan normal.

2. ane mulai buka folder dimana ane install tu game, ane telusuri mencari file yang berukuran besar dan yang bisa ane manipulasi.. dan ketemulah pada folder audio dan model dimana kedua folder tersebut berukuran 1.6GB, padahal game ntu totalnya 1.8GB..nyam..nyam...

3. ane lakukan perubahan pada folder audio saja, mengingat masih nyubie..ane eksplore folder audio, ketemu 15file yang berukuran total 889MB. file tersebut bertipe .ADF. Lalu ane tanya ke mbah, beliau ngasih tau klo file itu dalam GTA VC digunakan sebagai sumber radio saat berada dalam mobil..

4. ane mau ngubah file dengan nama EMOTION (klo dalam game, jadinya waktu muter radio EMOTION 98.8FM akan bunyikan file ini), ane ganti pake lagunya Didi Kempot (Sewu Kutho). neh caranya:



5. ane timpa file asli di instalan game

6. ane jalankan gamenya lagi (untuk membuktikan bahwa game tetap jalan dengan perubahan yang ane buat), setelah pasti bahwa berjalan dengan lancar.

7. jika agan hendak memanipulasi yang lainnya lakukan step 6 setiap kali melakukan perubahan. hal ini demaksudkan jika ternyata ada kesalahan, dapat segera diperbaiki, sebelum terlalu banyak file yang dirubah..


===============Tahap 2.Kompresi======
setelah tahap pertama selesai, berlanjut untuk melakukan kompresi game yang telah di "RIP", sebagai berikut:
1. buka UHARC dari TOOLS ketiga, seperti ini penampakannya:
Spoiler for UHARC: 



2. Pilih Create New Archive lalu seting di OPTION:
Spoiler for option: 


penjelasan:
* Compression Mode

* Dictionary Size
set aja paling maksimum

* Multi Media Compression
set Enable untuk memasukkan file multimedia kedalam kompresi
* Recurse Subdirectories
set Always
* Store Paths
set Full

3.setelah itu klik Create Archive 

sampai selesai dan exit dari program

4. file RIP sudah jadi..

===============Buat instaler========
Biasanya orang2 yang buat game RIP membuat instaler dalam bentuk batch..seperti ini langkah2 dasarnya:
1. pada folder yang ada file RIP tadi klik kanan dan buat New Text Document

2. copy paste code berikut:
Code:
cls 
@echo off
echo.
echo. 
echo     ================================================================= 
echo     !!                     ISIKAN NAMA GAME                         !!
echo     !!                            by                                !! 
echo     !!                          raechaa                             !!
echo     ================================================================= 
echo.
echo.
pause
cls 
echo.
echo. 
echo     ================================================================= 
echo     !!                     ISIKAN NAMA GAME                         !!
echo     !!                            by                                !! 
echo     !!                          raechaa                             !!
echo     ================================================================= 
uharc.exe x -y+ GTAVC.uha nul
cls
echo.
echo. 
echo     ================================================================= 
echo     !!                     ISIKAN NAMA GAME                         !!
echo     !!                            by                                !! 
echo     !!                          raechaa                             !!
echo     ================================================================= 
echo.
echo     Sedang mengekstrak, mohon tunggu...
del GTAVC.uha nul
goto finish
:finish
cls 
echo.
echo. 
echo     ================================================================= 
echo     !!                     ISIKAN NAMA GAME                         !!
echo     !!                           telah                              !! 
echo     !!                         terinstal                            !!
echo     ================================================================= 
echo.
echo.
pause
del setup.bat nul
3. simpan dengan nama setup.bat

===============Tahap 3.Registry=======
registry disini dibuat agar komputer tujuan juga dapat menggunakan game tersebut.caranya seperti berikut:
1. buka regedit dari menu run
2. setelah muncul halaman regedit, lihat pada subclass HKEY_LOCAL_MACHINE/SOFTWARE, cari nama folder game yang di RIP, 
klik kanan,
export,
===============Tahap 4.Pengemasan===
setelah semua beres, kumpulkan dalam satu folder:
1. file RIP yang telah di compress (ber-ekstensi *.uha)
2. uharc.exe => rename UHARC_GUI.exe menjadi uharc.exe
3. setup.bat
4. *.reg

lalu jadikan *.ISO dengan menggunakan Power ISO.



===============DONE===
silahkan dicoba dulu sebelum di share 

waw..seperti itulah yang ane kerjain semalaman  baru ngantuk neh..

oya setelah ane compress dan RIP game GTA ane, dari instaler yang berukuran 900-an MB, jadi hanya 325MB (tapi itu masih radionya aja yang ane ganti, belum yang lainnya)..

satu lagi gan
CMIIW 

Di ambil dari: Kaskus.us

Thanks for agan  raechaa 


2 komentar:

  1. Ane udh muter muter sampe 20 blog yg ane kumjungin cuma ini yg pertamax .
    terima kasih gan semangat teruss

    BalasHapus