12 Apr 2012


share on facebook


Hiren's Boot CD

Sebagai pengguna aktif komputer mungkin anda pernah mengalami masalah-masalah berikut :
- Windows tiba-tiba tidak bisa booting.
- Partisi rusak
- Harddisk tidak bisa diakses
- Tidak bisa koneksi ke internet
- Lupa password windows
- Data hilang dan berbagai masalah lainnya.
Bila kejadian-kejadian tersebut terjadi di komputer anda, apa yang harus dilakukan ?
. Kalau cari gampangnya mungkin install ulang saja. Tetapi sebaiknya install ulang hanya sebagai jalan terakhir bila semua solusi yang ada tidak bisa dipakai untuk memecahkan masalah yang ada. Dan seandainyapun terpaksa install (dan apalagi harus format) ulang, paling tidak kita perlu menyelamatkan data-data penting terlebih dahulu, terutama kalau data dan sistem operasinya berada dalam partisi yang sama.
Nah, sebagai “senjata” untuk mengatasi masalah-masalah di atas, coba gunakan “CD ajaib”, yang dikenal dengan nama Hiren’s BootCD (HBCD). Pada dasarnya HBCD adalah sebuah CD bootable yang berisi kumpulan aplikasi untuk analisis, recovery, dan perbaikan komputer. HBCD bisa juga dianggap sebagai CD darurat untuk P3K (Pertolongan pertama pada “Kecelakaan Komputer”) hehehehe, atau bisa juga dianggap sebagai “Swiss Army Knife” untuk mengatasi berbagai permasalahan komputer. Tidak percaya ? Unduh  saja HBCD versi 10.4 (saat tulisan ini dibuat) , maka anda akan menemukan bejibun aplikasi /Tools (dalam 1 CD), diantaranya :
  • DOS BootCD, yang berisi : Partition Tools, Backup Tools, Password & Registry Tools, Recovery Tools, Hardisk Tools, File manager, BIOS/CMOS Tools dan lain-lain.
  • Mini Windows XP,  Di fitur ini, Anda akan mendapatkan Windows XP Professional yang sudah benar-benar dirampingkan fiturnya. Selain itu juga ditambahkan beberapa aplikasi lain yang bisa dimanfaatkan saat darurat, seperti  7Zip dan Process Explorer.
  • Offline NT/2000/XP/Vista/7 Password Changer, untuk mengatasi masalah lupa/tidak tahu password di Windows. Tapi jangan dipake buat ngehack yang illegal ya.
  • Kon-Boot, fungsinya hampir sama dengan Password Changer. Jika Password Changer berfungsi me-reset password Windows yang sudah ada,  maka Kon-Boot berfungsi mem-bypass alias menembus password windows.
  • Partition Tools.
  • Backup Tools.
  • Windows Memory Diagnostic.
  • Recovery Tools, yang berisi berbagai macam aplikasi yang dipakai untuk merecovery data yang sudah terhapus, baik dari media penyimpanan yang kondisinya masih sehat atau dari media yang sudah korup.
  • Testing Tools.
  • Harddisk Tools, yang berisi berbagai macam tool, baik yang resmi dari manufaktur harddisk maupun dari pihak ketiga. Fungsinya bermacam-macam, ada yang untuk memperbaiki bad sector, low level format, scan permukaan harddisk, dan sebagainya.
  • System Information Tools.
  • File Managers.
  • MBR (Master Boot Record) Tools.
  • BIOS/CMOS Tools, berfungsi untuk memodifikasi BIOS, seperti contohnya menghapus password BIOS, melihat informasi BIOS, dan lain-lain.
  • NTSF (File Systems Tools)
  • Dan masih banyak lagi. Untuk lengkapnya bisa dilihat di sini.
Untuk mengunduh HBCD versi 10.6 ini silahkan masuk ke alamat ini : http://www.hirensbootcd.net/download.html .
Ukuran file unduhannya lumayan besar, sekitar 190-an MB. Untuk mempercepat pengunduhan bisa gunakan program pemercepat download, seperti Internet Download Manager atau lainnya. Hasil ekstrak unduhannya berupa file ISO. Untuk membakarnya ke CD bisa pakai Nero, CDBurner XP dan lain sebagainya. Tetapi bila tidak punya, bisa jalankan file BurnCDCC.exe yang disertakan oleh HBCD dalam file ZIP yang kita unduh. Sebenarnya HBCD ini bukan hanya bisa direkam ke CD/DVD saja, tetapi juga ke Flashdisk. Untuk keperluan ini anda bisa baca keterangannya di situsnya atau di PC-Mild edisi 08/2010. Untuk memboot komputer dari CD atau flashdisk HBCD, jangan lupa ubah terlebih dahulu urutan boot-nya pada BIOS.

Sekian yang bisa saya Share tentang Hiren's Boot CD, Semoga bermanfaat.

~~0~~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar