3 Apr 2012

Tipe Jaringan Komputer


share on facebook


JARINGAN CLIENT SERVER
Server, yaitu komputer yang menyediakan fasilitas bagi komputer – komputer yang menerima atau menggunakan fasilitas yang di sediakan oleh server (Komputer Client). Tipe jaringan client - server ini dsebut "Dedicated Server", karena murni berperan sebagai server. Setiap tipe jaringan tentu memiliki keunggulan dan kelemahan. Adapun keunggulan dan kelemahan dari tipe jaringan ini adalah sebagai berikut :

a. Keunggulan
1. kecepatan aksesnya lebih tinggi.
2. Sistem keamanan dan administrasi jaringan lebih baik.
3. sistem backup data lebih baik.
b. kelemahan
1. biaya operasional pasti lebih mahal.
2. dibutuhkan satu komputer khusus yang berkemampuan lebih untuk ditugaskan sebagai server.
3. sangat ketergantungan kepada server, karena jika server mengalami gangguan atau masalah, maka secara keseluruhan jaringan akan terganggu.

2.      JARINGAN PEER TO PEER
Jaringan tipe peer to peer diistilahkan dengan "Nondedicated Server", yaitu server tidak hanya berperan sebagai server murni, tetapi dapat juga berperan sebagai workstation atau kompputer client .Seperti tipe jaringan lainnya, tipe ini juga memiliki keunggulan dan kelemahan sebagai berikut :
a.      Keunggulan
1. Komputer dalam jaringan dapat saling berbagi pakai fasilitas yang di milikinya : harddisk,driver,fax/modem atau printer.
2. biaya operasional pasti lebih murah. Karena tidak membutuhkan computer yang memliki kemampuan khusus.
3. kelangsungan kerja jaringan tidak tergantung pada satu server, karena jika salah satu komputer mati atau rusak, maka jaringan secara keseluruhan tidak akan mengalami gangguan.
b.   kelemahan
1. troubleshooting jaringan lebih sulit dibandingkan dengan jaringan client server, karena pada jaringan tipe peer to peer setiap komputer dimungkinkan untuk terlibat dalam komunikasi yang ada.Pada jaringan client server, komunikasinya terjalin antara server dengan workstation.
2. untuk kerja lebih rendah di bandingkan dengan jaringan client server.
3. sistem keamanan jaringan di tentukan oleh masing – masing user dengan mengatur keamanan masing – masing fasilitasnya yang dimiliki.

Sekian, semoga bermanfaat.
~~0~~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar